What kind of funeral you dream?

Di dunia ini satu hal yang pasti adalah kematian [yang lainnya ngga pasti ya :p ], setiap makhluk hidup pasti akan meninggalkan dunia ini. Buat saya sebagai seorang aries yang sukanya bermimpi dan berencana,saya mempunyai impian mengenai pemakaman saya ketika saya meninggal nanti.

sumber: google
sumber: google

pertama ketika saya meninggal, saya ingin suami(kalo ada), keluarga dan teman-teman saya menangis hanya pada saat saya meninggal itupun maksimal hanya satu jam saja.

Ketika saya meninggal saya ingin mengenakan baju terbaik semisal saya sudah menikah saya ingin menggunakan baju pernikahan saya, dimana ditangan saya juga menggenggam rosario serta cincin pernikahan tetap saya pakai [jika Tuhan berkehendak mengambil saya ketika saya sudah menikah ya], jika saya belum menikah saya menggunakan dress berwarna putih berpita merah di pinggang saya saat itu saya di rias se-natural mungkin[tidak seperti ibu-ibu sosialita ya], seperti sleeping beauty oh iya disamping saya juga ada DSLR saya ya.

pada prosesi pemakaman kalau [Tuhan berkehendak] saat itu cuaca terang habis hujan semalam, saya ingin dimakamkan jam 9 pagi, bau tanah habis hujan, rumput hijau, banyak bunga kesukaan saya, bunga lili,krisan dan, matahari, dan jika mama saya masih hidup saya ingin mama membuat rangkaian bunga terbaik untuk saya dan bukan untuk terakhir kalinya 🙂

Karena saya katolik tentunya ada misa arwah pada pemakaman, dresscode untuk undangan adalah warna warni [inget ya, warna warni, ngga boleh ada yg pake warna Hitam, baju batik boleh asal tidak berwarna hitam/coklat], tidak ada tangisan saat saya dimakamkan, semuanya harus tersenyum bahagia, paduan suara yang menyanyikan lagu ngga boleh sedih, harus bahagia juga, layaknya mereka bernyanyi pada saat pemberkatan pernikahan atau dalam lomba padus dan choirnya juga menyanyikan lagu Macy Gray – Beauty In the world dengan energic dan tersenyum tentunya [senyum ikhlas dan bahagia] .

saya ingin yang datang ke pemakaman saya menuliskan sesuatu di kertas dan menaruhnya di atas peti mati saya ketika saya dimakamkan. Suratnya bebas asal bukan jurnal kuliah atau penelitian 😀

Oh iya, semoga dengan kecanggihan teknologi, batu nisan saya bisa berwarna dan bisa ditempeli foto-foto hasil karya saya. After funeral biasanya kan ada acara ‘mengenang kembali’, saya ingin acara tersebut tidak ada sesi tangis menangis, acara tersebut setiap undangan harus tersenyum bahagia, ceria, mengenakan baju warna warni- berdansa asal tidak ada DJ ya (hahaha), bahkan kalau bisa diadakannya secara garden party.

dan semuanya itu ditutup dengan lagu In My Life – The Beatles secara accoustic.

There are places I remember
All my life though some have changed
Some forever not for better
Some have gone and some remain
All these places have their moments
With lovers and friends I still can recall
Some are dead and some are living
In my life I’ve loved them all

But of all these friends and lovers
There is no one compares with you
And these memories lose their meaning
When I think of love as something new
Though I know I’ll never lose affection
For people and things that went before
I know I’ll often stop and think about them
In my life I love you more

Though I know I’ll never lose affection
For people and things that went before
I know I’ll often stop and think about them
In my life I love you more

In my life I love you more

So how about you? what kind of funeral you dream?

You may also like

13 Comments

  1. Hm…… tulisan yg menarik… kalau aku meninggal, jasadku mau didonorin aja.. jadi pemakaman jasad officially ditiadakan. Hanya ada prosesi kecil, di pelataran sebuah kapel kecil, sebuah kebaktian yang menyanyikan pujian untuk Tuhan dan segala perbuatan baikNya pada manusia. Di situ hanya ada foto saya sedang tertawa bahagia dan mungkin guntingan rambut saya.. eh gak ding kok horor, hm… foto aja deh.
    Prosesi itu dihadiri beberapa teman dekat dan mereka harus berbagi cerita paing bahagia selama mereka hidup, semuanya harus bercerita, nggak boleh ada yang diam dan sedih.

    1. oh di donorkan ya, ide bagus juga itu mas :D,

      highlight kita hampir sama kok, semua undangan yang hadir di prosesi pemakaman kita harus bahagia 😀 asal jangan sampe beneran ada guntingan rambut mas ya bwahahahaha.

      kalo gitu mas harus koleksi foto-foto mas yang sedang tertawa bahagia dong 🙂

      thank you mas udah share!

    1. hahaha replynya masuk kok kebagian mas jo 😀

      jangan takut mbak, buat dosa itu biasa yang penting berubah buat ngga ngelakuin dosa yang sama [ajaran si ajeng-jangan ditiru]- soalnya yang pasti ada di dunia ini kan kematian, jadi ngga ada salahnya prepare untuk sesuatu yang lebih pasti ketimbang yang belom pasti #eaaa

  2. dulu saya memang pernah berpikir tentang hari pemakaman saya mbak, tapi belakangan ini tidak lagi. menurutku, lebih baik memikirkan tentang hidup ini sajalah 🙂 oya bukan cuma kematian yg pasti dalam hidup ini mbak, keselamatan di dalam Yesus juga kepastian lho 😉 i’m sure you know about that 🙂

Leave a Reply