Tentang Bertumbuh dalam Harapan

Harapan – Rencana – Mimpi – Cita-cita – Tujuan

654797a68cf81b5c3114d5ed12985b8cSiapa sih di dunia ini yang ngga punya harapan? Saya ngga bisa membayangkan bagaimana hidup seseorang tanpa harapan. Saya adalah sendiri adalah tipe-tipe manusia yang selalu mempunyai harapan [harapan yang baik tentunya] dalam segala aspek kehidupan saya.

Memang, berharap itu seharusnya tidak muluk-muluk, tapi setidaknya ketika kita mempunyai harapan seharusnya kita juga mengusahakannya.

Seorang teman pernah bilang kepada saya bahwa, dia tidak akan berharap lagi pada sesuatu dalam hidupnya, saya mendengarnya cukup miris. Dia begitu trauma akan yang namanya berharap karena seringkali dia dikecewakan akan harapan-harapannya sendiri.

ketika teman saya bertanya kepada saya, mengapa saya selalu berharap pada sesuatu yang setidaknya saya sudah sering dikecewakan oleh harapan saya, maka saya menjawab karena saya selalu yakin di setiap kekecewaan itu bukan berarti harapan saya gagal – namun harapan saya bukan yang terbaik untuk saya pada saat itu ataupun pada saat nantinya.

fcfe10c0b76ea4cf407c6ea856e04b6a

7696e1f0c374eda0378ebf127901d8a4

Saya-pun sendiri sebagai sesorang yang sering berharap juga sering mengalami kekecewaan pada harapan saya, setidaknya saya sudah yakin bahwa harapan saya itu pasti akan tercapai atau terkabul bahkan usaha dan doa juga sudah dilakukan dengan extra, namun kenyataannya harapan tersebut gagal.

Sedih yes, kecewa yes, tetapi saya tidak mau berhenti membuat harapan lagi.

Saya selalu mempunyai mindset bahwa apapun yang Tuhan slalu berikan pada saat ini buat saya adalah yang terbaik, rencananya selalu indah dan tepat pada waktuNya.

973dae805ea87bcd075bdfe2e7a0febf

Sehingga jika memang, harapan saya belum mendapatkan approval dari Tuhan walaupun usaha sudah maksimal, maka bukan berarti saya harus berhenti berharap, melainkan saya juga harus menerima bahwa mungkin harapan saya masih masuk rak pending atau bahkan masuk rak decline karena [ini yang penting] menurut Tuhan, harapan tersebut belum atau bukan yang terbaik untuk saya.

Bahkan kadang disaat harapan kita masuk ke dalam rak pending ataupun decline, saya rasa disitu Tuhan mengajarkan kita untuk selalu percaya dan bersyukur kepadaNya,dimana seberapa kuat iman kita menanggapi suatu kenyataan bahwa harapan kita gagal dan bahwa kita masih terus konsisten percaya akan rencanaNya.

Buat saya, hidup itu akan semakin berwarna jika kita hidup dalam pengharapan, ikut tumbuh dalam harapan kita, setidaknya kita punya tujuan dalam hidup di dunia ini :]

480432323c249db276670ddaeb3f6e63

Jadi kesimpulan saya mengenai tulisan tentang harapan ini adalah jangan pernah berhenti berharapbermimpiberusaha dan berdoa.

Serahkan segala sesuatu yang kamu harapkan dan mimpikan kepadaNya, tetap berusaha dan percayalah bahwa Dia bahwa tidak akan memberikan batu kepada hambaNya yang meminta roti keju, tetapi mungkin Dia akan memberikan Roti Black forest [pokoknya yang lebih lezat dari roti keju :p ] jika tepat pada waktuNya.

032a393bce059ef489db2c97aa75ab27

Semuanya mengenai harapan yang tercapai dan belum tercapai adalah tentang usaha kita dan waktuNya.

Selamat bertumbuh dalam harapan yang baik !

1dda04acafc4f7ea8de046382a837e96

AA

sumber gambar : pinterest

You may also like

6 Comments

Leave a Reply