Pentingnya Knowledge Management [HR Tips]

Disclaimer : sekali-sekali menulis tulisan serius tapi nyante – bukan jurnal kuliah kok :p

fb3d9c7138a879dfb670332263482201

Pernah mendengar Knowledge Management di kantor anda?

Saya rasa jika anda berkecimpung di dunia Human Capital [ato Human Resources] pasti akan tahu mengenai Knowledge Management. Tulisan ini tidak hanya untuk praktisi HR/HC tapi untuk semua bagian – semacam sharing ilmu 😀

Banyak hal yang dapat diubah dan dikembang kan jika kita memiliki ilmu pengetahuan, apalagi di dalam lingkungan perusahaan, jika knowledge tetap terus dijaga atau dikembangkan maka nilai perusahaan tersebut akan meningkat.

Konsep dari Knowledge Management sendiri adalah kegiatan di dalam perusahaan yang dapat menumbuhkan knowledge perusahaan dimana bersinergi dengan strategi dan teknologi perusahaan sehingga knowledge dapat terus berkembang dan terintegrasi dengan semua komponen di dalam perusahaan tersebut.

Kata kunci dari Knowledge Management sendiri adalah “people”. Yes, people.

Karena karyawan yang memiliki pengetahuan yang bagus serta attitude yang bagus merupakan aset yang tak ternilai harganya. Itulah mengapa kadang seorang HR suka menahan anda saat anda mengajukan resign 😀

Maka pertanyaannya adalah bagaimana jika karyawan yang beraset bagus ini akan meninggalkan perusahaan namun ilmunya tetap tinggal di dalam perusahaan tersebut? jawabannya adalah Knowledge Management.

Mengapa?

karena knowldege management mempunyai kata kunci yaitu people,karena people akan membuat value dimana dengan proses dan teknologi berperan sebagai pendukung alias actionnya ya di people ini.

Inilah mengapa kesuskesan perusahaan yang menaungi di bidang yang sama, teknologi dan cara yang sama namun hasil kesuksesannya berbeda karena terletak pada people – nya.

selain membantu perusahaan agar tidak menjadi knowledge loss, knowledge management membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dalam bekerja,produktivitas,kualitas pelanggan dalam pelayanan terhadap pelanggan, revenue dan inovasi dimana akhirnya akan menghasilkan profit yang meningkat.

Bagaimana cara menerapkan konsep Knowledge Management?

Dengan berkembangnya era teknologi, setau saya dan yang sudah saya sering alami sekarang adalah dengan membuat portal internal perusahaan, diskusi formal maupun informal ataupun semacam kuisioner baik secara online atau offline dimana membahas mengenai berbagai macam masalah yang sedang dihadapi perusahaan.

penerapan tersebut tentunya akan menghasilkan Ide, sehingga Ide yang baik bagi perusahaan dapat segera di realisasikan dimana pada akhirnya demi kebaikan bersama.

Bagaimana konsep Knowledge Management di Indonesia?

Beberapa praktisi HR menilai bahwa di Indonesia terdapat banyak kendala dalam menerapkan knowledge management karena adanya budaya keengganan untuk berbagi ilmu, kebanyakan khawatir Ilmu tersebut dapat menjadi senjata makan tuan bagi saingannya. Padahal dengan sharing knowledge, justru kita mendapatkan feedback yang akan memperkaya pengetahuan kita.

Kedepan, semoga investasi knowledge management ini dapat direalisasikan di setiap perusahaan untuk menghasilkan nilai perusahaan yang lebih baik lagi dan berujung pada profit yang significant tidak hanya dari segi kepuasan materi namun juga dari segi kepuasan karyawan yang ikut serta dalam membangun perusahaan tersebut.

Salam Human Capital !

87bd2461dd00725286de5b8fcaeda56c

sumber artikel : HC magazine Mei – Juni 2013
sumber gambar : pinterest

You may also like

Leave a Reply