Kejutan berhadiah via SMS [penipuan]

kasus-sms-penipuan

Akhir-akhir ini, saya sering banget terima kejutan SMS berhadiah, mulai dari rumah,alphard,liburan ke bali dan segudang hadiah lainnya tapi sayangnya itu hanya penipuan via sms, dan yang bikin jengah smsnya seringya tiba pada saat larut malam, karena saya punya kebiasaan tidak men-silentkan HP saya kalau malam, takut ada sesuatu urgent dan saya harus segera siap dihubungi [like 911] tapi paling mangkel banget kalo ternyata sesuatu itu bukan sesuatu yang urgent, seperti mama – bapak minta pulsa, undian menang alphard,menang uang jutaan bahkan sampe liburan ke bali.

Saya berasa aja, intensitas penipuan ini dalam seminggu semakin sering,hampir tiap hari saya terima sms semacam ini (contoh sms):

 

sms-penipuan

Dulu kalo jaman sekolah dimana masih punya banyak waktu, saya bales dengan”udah rejeki ini saya berikan buat anda, saya ikhlas” tapi lama-lama sekarang saya malas skali membalas karena buat saya itu ga penting *bwahaha*

Saya lebih heran lagi sama yang ketipu, kok bisa gitu percaya banget.

Saya juga pernah sih punya temen kantor yang ditipunya ekstrim via telpon dengan mengabarkan bahwa salah satu anggota keluarganya ada yg kecelakaan dan butuh uang, untungnya teman saya cerdas langsung mengubungi keluarganya tidak langsung serta merta percaya berita seperti itu, karena kadang kalo sudah gupuh pasti logika ngga jalan 🙂

Saya tau sih, kalo nyari kerjaan itu susah, tapi ketimbang jadi penipu coba deh sms broadcast yang lebih penting dan bermanfaat ketimbang menyebarkan kebohongan, saya rasa masalah ini selain kita harus lebih tidak mudah percaya sama undian ini, ini juga PR untuk depkominfo untuk bekerja extramiles lagi memberantas kasus-kasus seperti ini tentunya juga dibantu oleh pihak provider :]

Salah satunya dengan cara, aktif mengedukasikan kepada masyarakat mengenai cara menghadapi sms penipuan tersebut, misal untuk mengajak masyarakat selalu melakukan konfirmasi dahulu kepada pemberi undian jika mendapatkan undian dengan menghubungi misalnya call centre pemberi undian.

Mungkin sudah sering dilakukan di koran,terutama di suara pembaca ya, dimana setelah kejadian berlangsung, namun menurut saya loh ya, akan lebih baik jika lebih aktif lagi untuk diiklankan/dipromosikan/diinformasikan secara terus menerus, sehingga masyarakat kita lebih aware lagi .

Bagaimana dengan penerima undian?

saran saya cuman satu, ketika anda percaya bahwa anda menerima hadiah tersebut cobalah langsung konfirmasi kepada call centre pemberi undian bukan kepada nomor yang tertera pada pesan tersebut, karena saya yakin setiap perusahaan pasti ada call centrenya.

Semoga penipu-penipu tersebut bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik lagi, dan readers ngga ada yang pernah ditipu-tipu lagi seperti itu.

You may also like

4 Comments

  1. dulu waktu masi kerja di si merah, ada customer yg dateng ke kantor mau ambil mobil toyota yaris yang katanya dia menangin dr undian ts*l poin. Dia uda bayar pajak dan administrasinay senilai 15jt. Pas di kasi tau itu penipuan, dia langsung pingsan. Kasiaaann.. 🙁

Leave a Reply