How to be an awesome Boss!

disclaimer: tulisan saya disini adalah opini dan impian pribadi tidak menyindir ataupun menghina semua orang yang pernah menjadi atasan saya ataupun atasan orang lain.

A good boss has to do what a good boss has to do
A good boss has to do what a good boss has to do

sumber : pinterest

Saya yakin setiap orang memiliki jiwa pemimpin walaupun hanya 1%. Meskipun hanya jadi pemimpin rumah tangga (dalam skala kecil),ketua kelas,ketua jurusan,ketua umum suatu bidang,manager,director,CEO dan sebagainya.

Tulisan saya disini bukan berarti saya lebih expert dalam hal kepemimpinan tetapi saya mengajak semua pembaca yang kebetulan lewat dan mampir bisa bertukar pikiran ataupun pendapat mengenai hal ini.

So How to be an awesome boss?

1. Listen

Mendengarkan , ini kunci yang penting. Dalam mendengarkan juga harus diikuti dengan rasa menghargai, dalam artian dengarkan dulu sampai selesai baru beropini.

2. Pemberi Solusi bukan hanya menyalahkan.

A good boss, know what to do when their team has a problem. Bukan hanya lebih besar judge atas kesalahan salah satu anggota team ataupun kesalahan team tetapi lebih berpikiran dan cenderung lebih banyak memberikan solusi dan kontribusi. Lebih bagus lagi sadar bahwa suatu kesalahan bukan berarti the end of the world but learn from that mistake supaya kedepannya lebih baik lagi dan meng-optimalisasikan supaya tidak ada lagi kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

3. Berkomunikasi dengan “Baik”

Saya rasa nomor 3 ini, tidak ada boss yang tidak tahu cara berkomunikasi yang baik, jika ada boss yang belum tahu bahkan tidak tahu berkomunikasi yang baik, saran saya untuk boss tersebut adalah cepat perbaiki komunikasi anda atau saran saya untuk bawahan dari boss tersebut adalah anda juga belajar berkomunikasi yang baik dengan bos anda setiap hari. Saya tidak bisa bayangkan bagaimana meraih kesuksesan tanpa bisa berkomunikasi dengan baik.

4. Tanggung Jawab atas segala yang pernah diucap ataupun diperbuat.

Nomor 4 ini juga berlaku untuk masing-masing staff namun terkadang atasan pun sering lupa. Seorang karyawan yang baik adalah yang tidak lupa akan apa yg pernah diucapkannya dan yang pernah diperbuatnya (kalau lupa bawa notes & bolpoint bahkan alat perekam bila perlu).Jarang sekali saya menemukan orang yang tidak lari dari masalah yang dia perbuat terlebih seorang atasan. Seorang atasan yang baik menurut saya adalah selalu bertanggung jawab atas yang pernah diucapkan dan diperbuat.

Percayalah dengan bertanggung jawab malah bisa melahirkan dan menumbuhkan nilai trustworthy terhadap anda. Jangan sampai seperti ini -> Hanya ada ketika ada hal yang tidak penting namun hilang disaat yang penting atau malah kabur dan tidak mau tahu. please be gentle!

5.Tidak malu dan gengsi untuk belajar.

Bukankah hidup adalah untuk terus belajar? Boss memiliki wewenang keputusan dalam setiap pekerjaan/masalah, namun jika keputusannya tidak relevan dengan apa yang terjadi saat ini mengapa tidak untuk belajar mendengar dan belajar memperbaiki jika ada hal yang lebih baik untuk kebaikan bersama?

6. Say Thank You , Sorry & Help pada porsinya

Terkadang boss suka lupa mengucapkan ketiga kata sakti ini atau bahkan ada yang porsinya teralu banyak mengucapkan 3 kata ini. Percayalah partner anda akan merasa dihargai jika anda bijaksana dalam mengucapkan 3 kata ini.

7. Sering mengevaluasi diri sendiri

Ketika jabatan lebih tinggi, waktu sedikit sering kali adegan bercermin atau bahasa kerennya evaluasi diri, sering terlupa. Sebaiknya semakin tinggi jabatan anda sering-seringlah mengevaluasikan diri anda, tidak hanya fokus terhadap apa yang kurang namun juga tidak berlebihan dalam menyikapi kelebihan diri anda.

8. Be Wise 

Tidak ada orang yang tidak bijaksana, yang ada adalah orang yang tidak mau melatih kebijaksanaannya. Saya yakin suatu hari seseorang pernah melahirkan atau memutuskan sesuatu tanpa secara bijaksana (jika dipandang dari orang lain). Namun saya yakin, bila ilmu kebijaksanaan kita sering dilatih maka kita bisa melahirkan suatu keputusan yang win-win solution.

9. Wajib tampil like a boss –  catatan penampilan!

nomor 9 ini impian saya pribadi, boleh disanggah ataupun disetujui :p

Buat saya seseorang yang bisa berpenampilan menarik disetiap waktu dalam hal outfit, saya percaya dia adalah orang yang bisa menghargai dirinya sendiri. Lagi-lagi bukan karena harus make outfit bermerek mahal namun lebih kepada kepantasan pada dirinya dalam menggunakan outfit tersebut apalagi terlebih buat saya,Bau Wangi itu harus.

Okay, rasanya 9 tips ini saja dari saya.

Saya tunggu sanggahan ataupun tambahan dari readers.

Keep awesome guys!

You may also like

3 Comments

Leave a Reply